Mungkinkah bisa hamil alami jika sebelumnya bayi tabung (IVF)?

Alhamdulillah saya dan suami betul-betul tidak menyangka kehamilan ke-2 ini datang begitu mudah, dibandingkan sebelumnya, kali ini terjadi begitu saja, tanpa IVF, without any expectation, eh jadi. “kok bisa?”, memang kalo Allah sudah berkehendak, manusia bisa apa, ya kan?!.

Saat cerita ini tayang, kehamilan saya sekarang Alhamdulillah sudah berusia 27w, kurang 1 minggu lagi 7 bulan InsyaAllah. Jenis kelamin juga sudah ketahuan. Cewek atau cowok lagi hayo tebaak?. Saya & suami dari dulu (saat hamil Haidan), kalo ditanya “pengen cewek/cowok?” jawabnya selalu terserah. Sungguh manusia datar. Dulu bisa hamil aja Alhamdulillah mengingat sulitnya perjuangan, pilih-pilih pulak kau jenis kelamin. 

Mau wajahnya mirip bapak atau ibunya saya juga nggak begitu mikirin dari dulu. Kalo mirip bapaknya emang kenapa? Kok ibu-ibu banyak yang komplain, “Aku yang hamil 9 bulan, eeh begitu keluar mirip bapaknya?”. Emang kenapa buk?. Masa’ iya mirip tetangga, kan aneh wkwkwk.

Kok Bisa hamil alami?

Nah ini, pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Bahkan dulu saat pertama tau hamil yang ke-2 ini pun diriku mempertanyakan. Yang pernah baca blog ini dari awal atau ikutin Instagram aku pasti tau lah ya history promil aku. Zuzah zekali kan zeyenk. Sampai akhirnya setelah 7 tahun pernikahan dan menjalani IVF (bayi tabung) yang ke-2x akhirnya saya berhasil hamil dan punya keturunan (baca ceritanya disini).

Saat itu usia anak pertama kami +- baru 13 bulan. Usia yang menurut saya belum cukup ideal untuk punya adek lagi (ini menurut saya, kalo nggak sependapat gpp). Karena saya benar-benar sedang menikmati saat-saat tumbuh kembangnya dia, lagi lucu-lucunya. Dan tentunya saya ingin memberikan dia ASI hingga usia 2 tahun tanpa harus terkena ‘gangguan’ nursing strike atau disapih sebelum 2 tahun.

Kalo pengen merencanakan kehamilan kenapa nggak KB aja Nyah?”. Nah itu dia masalahnya, susah punya anak sampai 7 tahun lamanya membuat saya terlalu percaya diri, “halah nggak mungkin jadi”, “hamil alami? Yang bener aja HAHAHA!”, “kita ini sudah KB alami, KB infertility Namanya, HAHAHA”. Hmmm… ga tau diri memang Nyonyah. Pas ketauan hamil w nangis, langsung istighfar berkali-kali, takut Allah marah. Astaghfirullah. 

Jujur saya nggak terlalu banyak tau tentang jenis-jenis KB. 7 tahun saya hubungan alami nggak jadi-jadi, shombong amat mau KB-KBan. “Kan bisa Googling deh Nyah, katro’ sekali anda?”. Sekedar membaca, googling atau mempelajari apa saja jenis-jenis KB juga nggak pernah saya lalukan. Analoginya sama kaya’ kalo anda overweight, masa’ iya anda mau Googling “cara menaikkan berat badan”, nggak mungkin kan?!. Nah begitulah saya.

Kronologi ketauan hamil

Saat itu awal Februari 2021 saya ingat sekali saya sedang gencar-gencarnya memulai Kembali berolahraga, mengatur pola makan juga demi berat badan ideal. Ehh taunya haid saya justru terlambat datang, harusnya kira-kira di minggu ke-3 bulan itu biasanya saya haid tapi kok malah telat. Yaudah saya pikir wajar, karena sudah pernah melahirkan jadi siklus haid nggak normal (padahal harusnya nggak gini :D). Saya biarin aja telat sehari, dua hari, sampai seminggu. Saya nggak testpack, pikir saya ya lagi telat aja.

Dua minggu berselang dari jadwal seharusnya haid saya masih olahraga, nggak jarang kadang saya lari juga lo saat olahraga. Masih diet juga, tapi kali ini kok lemeess bgt rasanya, gampang laper, malah pengen makan ina-inu. Waah jangan-jangan ada yang salah dengan diet saya. Salah karena masih suka cheating :p.
Selain jogging & diet, sore harinya saya juga masih olahraga low impact ini lewat youtube. Padahal sudah hamil muda lo waktu itu, tapi belum ketauan.

Tiga minggu berselang dari jadwal seharusnya haid, saya mulai mikir macem-macem. “Apa aku olahraga terlalu keras ya sampai mengganggu hormonal?”. Trus saya juga sering merasa mual kalo cium aroma masakan dari dapur. “howeeek, kok gini baunya?”. Langung “deg!” dalam ati, jangan-jangan hamil. “ah masa’ sih”. Malamnya saya beli testpack lah yang harga 3rb. 

Jam 2 malam saya terbangun karena kebelet pipis, ada testpack disitu, isenglah cek. Langsung muncul hasil garis dua doooonk!!!!. Hwaaaaa… aduuh… gimana ini. Panik!!. Yang ada dalam pikiran saya “hayo lu hamil beneran, kemaren bilang nggak mungkin bisa hamil alami, meremehkan kuasa Allah ya”. Ada lagi inner voice yang bilang, “hayoo hamil beneran, Haidan masih butuh nen gimana lu?”. “Hayoo lu habis ini ngulangin proses motherhood dari awal lagi, nggak dapat istirahat”. Dan berbagai “hayo..hayo..” lainnya. Asli saya panik dan takut bgt.
The one and only foto tespek saya, nggak ada yang versi lebih instagenic :p.

Orang pertama yang saya kabari adalah teman-teman saya di group chat. Bukan apa-apa, karena mereka yang paling tahu progress olahraga saya dari kemaren-kemaren, haid telat juga mereka tau. Seorang temen saya si juragan catering masih melek jam 2 malem. Nggak kalah shock dia. Habis itu saya sholat-sholat dulu mohon ampun sebesar-besarnya sambil nangis, “ampuni hamba YaAllah…”, “gimana ini yaAllah”. Baru deh kasih tau bapakke, responnya pertama kali sambil ngantuk, “Allahu Akbar”, “masa’ sih?”. Begitulah, semua bingung ‘kok bisa?’. Termasuk saya sendiri.

Nggak pake lama, pagi harinya langsung ke Sp.OG. ternyata betul, usianya sudah 6 minggu dan sudah ada detak jantungnya juga. MasyaAllah. Ingat jaman hamil Haidan dulu, menunggu suara detak jantung saja rasanya kok lamaaaa bgt. 180 derajat perbedaannya dengan kehamilan saya pertama.
Saat di USG perut masih terlihat kantung & yolk sac saja. Karena saya penasaran bgt saya minta di USG transvaginal, hasilnya lebih jelas, sudah terdengar detak jantung. MasyaAllah, kaget hamba.

Jadi kira-kira begitu kronologi ketahuannya. Seru nggak?!, nggak kan! Hahaha. Pengalaman ini wajib ditulis buat kenang-kenangan si dedek nanti. 10-20 tahun kemudian kan belum tentu saya mengingat saat ini lagi.

Complicated feelings

Jujur selama 2x24jam pasca ketahuan hamil ke-2 saya masih saja bingung musti gimana, masih sering menangis. Kok ini bisa sampai terjadi, Haidan bagaimana jika harus disapih di usianya yang belum genap 2 tahun. Bahkan saat adeknya lahir nanti pun Haidan masih akan berusia 22 bulan (belum genap 24 bulan). 

Ternyata begini ya mixed feelingnya ibu “kesundulan” itu. Selama ini saya sering sih dapat curhat temen-temen yang gampang bgt hamil. Mereka bilang pas mereka ketauan hamil lagi dengan jarak usia yang dekat itu mereka sedih. Dalam ati w waktu itu, apa yang musti disedihkan sih?, Lagian bukankah kalian melakukannya dengan kesadaran penuh suami-istri, dih!. Huwahahahaha, kemakan omongan sendiri nyonyah. Nyonyah juga melakukan dengan kesadaran, hanya masalahnya terlalu percaya diri :p.

Itulah mengapa menurut saya, antara ibu gampang hamil dan ibu dengan promil njelimet itu tidak akan pernah relatable pemikirannya. Even seseorang itu mengerti medis secara teori. Nggak akan nyambung beb, selamanya.

Ibu mertua saya aja waktu itu sampai langsung datang kerumah karena kuatir telp nggak pernah diangkat. Padahal hanya karena saya lagi away from Hp aja. Ibu bilang, “nggak papa mbak Intan, disyukuri aja, coba kalo IVF lagi berapa lagi biayanya. Bla..bla..bla..”. Trus saya inget bgt endingnya bilang, “Jangan digugurkan ya!”. Lha busyeet… saya cuma lagi galau aja sebentar, tapi nggak sampai berfikir untuk melakukan tindak kriminal lah. Hahaha.

Bersyukur

Alhamdulillah seiring berjalannya waktu saya mulai bisa menerima, berfikir dengan santai dan banyak bersyukur. Banyak sekali nikmat Allah SWT yang dari kehamilan kedua ini, seperti:

1. Saya memang pengen punya 2 anak suatu saat, Alhamdulillah Allah kabulkan doa saya tanpa harus susah-susah promil lagi yang ke-2. Siapa sangka di usia 32 tahun saya masih berjuang ‘mencari’ kehamilan eh di usia 35 tahun anak saya sudah 2 nanti InsyaAllah. Habis ini I’m gonna move on to another part of life.

2. Saya sempat mikir-mikir kapan waktu yang tepat untuk thawing embrio lagi dan melakukan embrio transfer. Di situasi pandemi seperti sekarang. Belum lagi Haidan sedang aktif-aktifnya dan butuh banyak perhatian. Kalau harus ditinggal bolak-bailk RS dan harus istirahat 2ww dan lain sebagainya pastinya saya nggak akan bisan pegang Haidan lagi sementara waktu. Tapi tetep mikir juga usia jalan terus. Kalo sudah “dikasih” gini kan mau-nggak-mau nggak sempat mikir lagi, tinggal jalanin aja. Ya nggak?!.

3. Saya adalah wanita yang sulit hamil (ini stigma yang masih menempel di pikiran saya lo). Kalo kata temen saya, mungkin itu hikmahnya Tan. Kamu sekarang officially jadi wanita yang sulit hamil dan wanita yang gampang hamil. Kamu bisa merasakan keduanya. Kamu jadi bisa cerita lagi yang kali ini gimana. | “ooh.. gitu ya! -_-”. Sekaligus membangun optimisme bagi para pejuang garis-2 yang lain. Bahwa jika yang pertama sulit, belum tentu yang selanjutnya juga. Saya juga pernah tau beberapa orang yang anak pertamanaya sulit, kemudian yang kedua malah bisa alami.

4. Saya juga bersyukur sekali kehamilan kedua ini dapat saya jalani dengan mudah. Subhanallah janinnya kuat sekali, dari awal dibawa olahraga lari-lari nggak pernah ngeflek. Padahal dulu saya sering punya riwayat ngeflek dan bleeding . Sehingga saya tetap bisa mengurus toddler setiap hari. Sangat kontras perbedaannya ketika dulu hamil Haidan. Di awal kehamilan Haidan dulu buanyaak sekali obat yang harus saya konsumsi demi menyetabilkan hormon pasca IVF, obat penguat, vitamin-vitamin kehamilan dll. Obatnya pun masuk dari berbagai ‘penjuru mata angin’, nggak cuma oral, ada juga yang injeksi, ada juga yang masuk lewat bawah. Sedangkan di kehamilan kedua ini, begitu habis kontrol pertama cuma diberi Folamil Genio. “Hah ini doank?” dalem ati saya. “ini sih permen”. Saking hanya itu doank vitaminnya, pas trimester pertama itu saya masih sering lupa lo kalau sedang hamil. Ya gimana, belum bisa merasakan gerakan janin juga, makan seperti biasa nggak begitu doyan. Mual ada di > 8 week kira-kira tapi nggak parah bgt. Belum lagi disambi ngurus toddler yang sedang aktif-aktifnya. Masih nen pula anaknya. Jadi vitaminnya malah sering lupa saya konsumsi. Akhirnya solusinya, saya membeli vitamin lainnya untuk penunjang kehamilan supaya agak banyak lah yang harus saya minum, biar nggak lupa (wkwkwk aneh). 
Hamil anak pertama saya waktu itu di usia kehamilan 8w. Harus bedrest di RS karena bleeding.
Hamil anak ke2 di usia kehamilan 8w. Jalan2 ke Cimory sambil momong bocah. Sungguh kontras.

5. Alhamdulillah belom sampai kena pertanyaan basa-basi rakyat Indonesia paling umum, “kapan kasih adek buat Haidan?”. Saya sudah hamil lagi. Nanti kalo cowok lagi “nambah satu lagi biar ada ceweknya?”. Kalo ternyata cewek, “nambah satu lagi biar pas jatah perusahaan?”. Hahaha. Mohon ibuk-ibuuuk cari pertanyaan lain. Pertanyaan diatas saya udah dapet kunci jawabannya. Canda kunci jawaban. Serah lu aja dah tanya apaan, bring it on. Saya udah terbiasa diginin. Palingan nanti nggak w gubris. Jangan tersungging anda. wkwkwk.

Tau-tau kok sudah setengah jalan sih kehamilannya

Jujuuyr, saya bukan tipikal orang yang bisa langsung share apa-apa real time (kecuali holidei, karena asyique wkwk). Saya masih punya trauma masa lalu. Ketakutan berkali-kali gagal hamil dan promil yang menahun, mandarah daging menyebabkan trauma. Bahkan saya masih menganggap saya ini wanita dengan kondisi sulit hamil, sampai sekarang. Itulah mengapa untuk mengabarkan kehamilan, saya sangat berhati-hati sekali. Saya menunggu trimester pertama terlewati, itupun masih takut untuk share. Saya sampai melakukan cek NIPT supaya perasaan ini lebih tenang. Alhamdulillah hasilnya baik. Mau ngabarin langsung, itupun masih menunggu, “USG sekali lagi ah biar yakin betul”.

Satu sisi saya juga masih sering lupa kalau sedang hamil saat itu. Sebab belum terasa apa-apa dan saya pun selalu berkutat pada rutinitas mengurus Haidan dari mulai bangun pagi hingga tidur malam. Jadi rasanya sehari itu sudah full bgt, terlewati begitu saja hari demi hari. Hingga akhirnya di usia kehamilan 20 weeks (5 bulan) saya sudah nggak bisa lupa lagi karena sudah ada perkegarakan janin yang bisa saya rasakan. Nah bertepatan dengan momen jalan-jalan ke Bali pula, akhirnya saya share berita Bahagia ini. 
"Sayang adek donk Haii", muuuach...
Usia kandungan 5 bulan.

Waktu itu saking nggak yakinnya bisa hamil lagi baju-baju new born Haidan sudah saya berikan semua ke tetangga yang baru punya bayi. Pikir saya, "ah embrio transfer lagi kan masih tetap saja ada chance kegagalan, sedangkan hamil alami juga nggak mungkin". Saya pun sudah ikhlas kemaren-kemaren jika memang Haidan lah satu-satunya anak saya nanti, saya nggak merasa “kurang” misal anak saya hanya 1. Justru menurut saya sudah “lebih” dibanding kehidupan saya yang sebelumnya. Tapi tetep ya namanya ibu-ibuuu, “kurang kalo cuma 1”, “minimal 2 lah”. Kok ngatur anda?, ikut kontribusi bayarin sekolah anak saya?. Wkwkwk.

Begitulah ceritanya. InsyaAllah kedepan saya masih akan menulis lagi tentang macam-macam pengalaman promil dan seputar kehamilan yang pernah saya lalui. Semoga cerita-cerita saya bisa bermanfaat. Jika ada yang mau cerita pengalaman setelah membaca tulisan ini, bisa komen dibawah atau ngobrol-ngobrol di Instagram saya @irespat ya, saya aktif di IG. Terima kasih :).

CONVERSATION

2 comments:

  1. Membaca ini di akhir 2021. Memberi harapan baru utkku di 2022. Makasih nyaaahhh

    ReplyDelete

Back
to top